Armada Band merupakan salah satu band legendaris asal Indonesia yang beraliran pop-rock asal Palembang. Band ini pada awalnya bernama Kertas. Karena ada masalah dengan labelnya, Band Kertas terpaksa berubah nama menjadi Armada Band.

Armada Band mulai tenar berkat rilis album ke duanya yang bernama Hal Terbesar pada tahun 2009 dengan singgel andalan Buka Hatimu, Mau Dibawa Kemana, Pemilik Hati, Cinta Itu Buta. Jika dibandingkan dengan album-album lainya seperti Satu Hati Sejuta Cinta, Pergi Pagi Pulang Pagi, Kita Bersaudara, maupun Album Balas Dendam maka album Hal Terbesar merupakan salah satu album terbaik Armada sepanjang masa baik dari segi kualitas aransemen musik, prestasi penjualan lagu, penjualan album, hingga income yang didapat dari album ini.

 

Teknik Rekaman Album Hal Terbesar Armada Band yang Kami Anggap Terbaik

 

Album Hal Terbesar diproduseri oleh Arnold J Limasnax yang juga merupakan CEO E-Motion Entertainment.  Di album ini total ada 10 lagu. Ciri khas instrumen musik yang dominan pada album ini yaitu dominanya lead rock guitar Radha dan Mai yang berposisi sebagai gitaris. Dominan guitar rock yang masih membawa pengaruh dari album sebelumnya Balas Dendam cukup dominan di lagu Mau Dibawah Kemana, Cinta Itu Buta, Telephone, Pangeran, Hal Terbesar, hingga Wanita Paling Bahagia.

Uniknya, di album ini suara rekaman track drum cenderung sangat keras, tebal, dan reveb drum yang cukup tinggi. Ketukan drum sangat terdengar keras dan dominan pada lagu Pemilik Hati, Hal Terbesar, Kuingin Setia, hingga Cinta Itu Buta.

Ketukan drum sangat real karena Armada masih menggunakan teknik rekaman kombinasi analog dan digital. Kelebihan teknik rekaman analog memang terletak pada suara instrumen yang dihasilkan yang lebih real ketimbang rekaman digital yang kadang suara yang dihasilkan masih midi. Akibatnya dinamika instrumen musik tidak muncul pada track midi.

Teknik rekaman lainya yang cukup menonjol pada album Hal Terbesar yaitu dominasi pad/ ambient music effect yang membuat suasana musik lebih syahdu, deep, dan mampu menggugah suasana.

Tim mixing mastering Armada di album ini dengan jenius pad ambient pada lagu Kuingin Setia, Pemilik Hati, Hal Terbesar, Buka Hatimu. Kalau kalian mendengarkan lagu-lagu tersebut, suara efek PAD-nya benar-benar terasa gloommy. Dominasi PAD ini sayangnya tidak banyak dipertahankan di album-album selanjutnya seperti  pada album Pergi Pagi Pulang Pagi maupun Kita Bersaudara.   Padahal nilai jual utama teknik aransemen Armada saya kira ada pada kejeniusanya memilih efek PAD yang dalam.

 

Proses Balancing dalam Mixing Lagu
Proses Balancing dalam Mixing Lagu

 

Jika kita analisis dari segi tingkat ketebalan musik, maka album Hal Terbesar ini menggunakan alat-alat rekaman yang sudah standar industri ala Nashville. Jauh lebih baik dari album sebelumnya Balas Dendam yang cenderung kualitas rekamanya seperti kualitas rekaman album demo. Hal ini nampak pada single Apa Yang Kau Cari dimana suara vocalnya terasa mende atau kurang stand out.

Di Album Hal Terbesar dengan didukung uang produksi yang besar dari E-Motion Armada mengggunakan alat-alat rekam yang sudah standar industri musik internasional seperti penggunaan Pro Tools, mic condenser diafragma tinggi, gitar fender, pre amp yang berkualitas tinggi, hingga comp/limiter yang jauh lebih berkualitas.

 

Kunci Efektif Memproduksi Album Studio Di Tengah Kesibukan Manggung Ala Armada

 

Ketika sebuah band disibukan dengan jadwal tour yang biasa padat, biasanya produksi album akan tersendat. Padahal produktivitas dalam membuat album harus tetap dijaga  agar bisa terus menjaga eksitensi. Strategi efektif dan efisiensi tinggi saat bikin album di tengah jadwal tour yang sangat padat sukses dilakukan Armada Band pada Album Sejuta Cinta dengan cara:

 

Dokumentasi Mai Armada ( Guitaris) Saat Track Gitar
Dokumentasi Mai Armada ( Guitaris) Saat Track Gitar

 

Kesuksesan Album Hal Terbesar Armada Secara Penjualan dan Popularitas

 

Sekarang saya akan berikan sejumlah alasan mengapa album Hal Terbesar Armada merupakan salah satu album yang paling terbaik dibandingkan album lainya sepanjang karir Armada Band di belantika musik Indonesua. Sekarang kita tinjau dari segi penjualan dan popularitas dengan rekap sebagai berikut:

Demikian beberapa rekap yang menunjukan bahwa album Hal Terbesar Armada sangat power full.

 

Saran untuk Mempertahankan Kesuksesan Armada Band

Dimata penggemarnya ( fanbase) yang bernama Pasukan Armada, tentu saja para penggemar berharap agar Armada tetap eksis dan tetap produktif dalam merilis album. Tapi sebagai musisi dan produser musik, kami memahami bahwa ada kalanya bahwa musisi suatu saat pernah masuk dalam periode stuck, kebuntuan ide ( writer block), hingga burnout. Untuk mengantisipasi hal itu, personel Armada perlu melakukann sejumlah langkah yaitu:

Demikian saran untuk mempertahankan kesuksesan Armada Band.

 

Saran untuk Musisi Jalanan yang Ingin Mengikuti Jejak Kesuksesan Armada Band

 

Dalam salah satu podcast di Youtube yang mempertemukan Rizal Armada dengan Daniel Mananta, Rizal mengaku bahwa sebelum band-nya sukses, ia kerap mengamen di jalanan. Kita tahu bahwa penghasilan mengamen itu tidaklah sebanyak musisi profesional yang  berkontrak dengan label rekaman. Jika para musisi jalanan ingin makmur secara finansial seperti kesuksesan Armada Band yang awalnya makan aja susah menjadi salah satu band yang termahal di Indonesia, maka kami memberi saran pada musisi jalanan untuk upgred diri menjadi musisi profesional dengan cara:

 

 

Kesimpulan

 

Demikianlah analisa saya tentang kesukesan Armada Band lewat album pembuka popularitas ( Hal Terbesar) dari segi teknik aransemen maupun daftar prestasi yang diraih. Armada Band saya yakin masih terus produktif menghasilkan album-album yang inovatif. Band ini merupakan salah satu yang legendaris di Indonesia sejajar dengan Ungu, Sheila On7,  Noah, maupun ST12 dengan total album yang sudah dikeluarkan Armada mencapai 8 buah album dari yang awalnya bernama Kertas Band menjadi Armada Band. Mampu memproduksi 8 album studio ini pencapain yang luar biasa bagi musisi Indonesia, dimana kebanyakan musisi hanya mampu memproduksi 5 album lalu tenggelam. Kita bisa mencotoh kesuksesan Armada yang bersungguh-sungguh dalam berakrir di industri musik Indonesia, dan semoga saja produktifitas dari band ini untuk terus menciptakan lagu tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hi!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!