Saat ini ada banyak DAW( Digital Work Audio Station) yang sering digunakan dalam rekaman lagu. 5 DAW tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas rekomendasi DAW terbaik untuk para pembaca. Review singkat ini didasari atas pengalaman kami sebagai musisi yang telah berkecimpung di industri musik selama 5 tahun. Berikut kami rekomendasikan untuk Anda.

1. FL Studio

DAW pertama yang akan saya ulas untuk para pembaca yaitu FL studio. DAW ini mempunyai kelebihan pada antarmuka penggunanya yang sangat mudah untuk dipelajari. Bahkan banyak para pemula yang baru terjun pada industri sound recording banyak yang memakai DAW ini. Selain tersedia pada Windows dan Mac, DAW Fl Studio juga tersedia dalam versi Android. Selain user interface-nya yang sangat mudah untuk dipelajari, DAW ini juga lebih cocok untuk membuat musik bergenre EDM dan Trap. Banyak VST EDM yang bisa dipakai gratis pada DAW ini.

2. Logic Pro

Logic Pro merupakan salah satu DAW ekslusif buatan Apple yang kompatible di instal pada komputer Imac serta laptop Macbook. Keunggulan DAW ini ada pada konsumsi RAM yang sangat ringan. Hal ini lantaran aplikasi ini memang dirancang khusus untuk produk Apple, sehingga proses produksi musik dengan DAW ini lebih cepat. Keunggulan lainya ada pada sample Midi yang sangat real seperti suara native alat instrumen sungguhan.

3. Studio One

DAW berikutnya yang sering digunakan dalam rekaman lagu yaitu Studio One. DAW ini dibuat oleh perusahaan Presonus asal Amerika Serikat. Saat ini aplikasi ini sudah sampai versi 6.5. Kelebihan utama yang ada pada studio one yaitu kemudahan kolaborasi secara online dengan musisi lainya. Kita bisa membagikan proyek secara online jadi proses kolaborasinya begitu mudah dan cepat. Selain itu Studio One juga sangat cocok digunakan untuk melakukan mastering vokal. Ada plugin Melodyne yang berfungsi untuk mengedit vokal agar terdengar lebih jernih, tebal, dan lebih warm.

4. Pro Tools

DAW berikutnya yang sangat direkomendasikan untuk di instal di komputer Anda yaitu DAW Pro Tools buatan Avid. DAW ini telah ditetapkan sebagai standar industri musik internasional. Beberapa produser peraih penghargaan Grammy Awards seperti Jack Antonoff dan Aarron Dessner pun diketahui menggunakan pro tools ketika memproduksi lagu. Pro tools punya kelebihan pada editing audio yang kuat, mixing yang canggih, serta adanya fitur time-stretching dan pitch-shifting yang bisa mempercepat kinerja produser dalam membuat lagu.

5. Cubase

aplikasi cubase
aplikasi cubase

Cubase ini merupakan salah satu DAW terbaik buatan Steinberg yang cukup populer dipakai para musisi asal Indonesia. Kelebihan Cubase ada pada VST bawaan yang sangat banyak dan kualitas audionya yang real. Selain itu, musik produser juga bisa menambahkan VST pihak ketiga seperti Superior Drummer 3, Kontakt 7, hingga Ozone Imager V2 dengan mudah.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa DAW untuk produksi lagu yang bisa Anda instal di PC maupun laptop Anda. Pilih masing-masing DAW tersebut yang sekiranya cocok dan mudah untuk dioperasikan. Sebab kelima DAW tersebut punya karakter dan work flow yang berbeda beda.

Tertarik Ingin Pesan Jasa Aransemen Lagu

Ohya, bagi kamu yang ingin pesan jasa aransemen lagu bisa hubungi Melodika Recoring Studio ya. Kami siap membuatkan aransemen lagu ciptaan Anda sendiri dengan kualitas yang bagus. Yuks hubungi kontak kami segera jika ingin melakukan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hi!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!